Sabtu, 31 Desember 2011

penyebab bau badan dan solusi nya


Bau badan adalah sesuatu yang kuat di keluarkan oleh kelenjar keringat, dan ketiak adalah salah satu tempat untuk mengeluarkan keringat. Produk deodoran menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan bau ketiak.
Fungsi lain kelenjar keringat termasuk ketiak adalah untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena itu keringat adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan fisik yang optimum.
Toksin dari dalam tubuh dikeluarkan setelah melalui proses metabolisme, melalui urin, pernafasan yang mengeluarkan karbon monoksida dan racun lainnya yang dikeluarkan oleh kulit sebagai organ tubuh terbesar.
Ketiak mempunyai fungsi yang penting untuk mengeluarkan racun, karena itu berkeringat penting untuk tubuh. Tapi bagaimana dengan bau yang ditimbulkan?
Para ahli mengatakan bau tersebut berasal dari bakteri yang hidup di ketiak manusia. Tapi penyebab utama bau ketiak adalah ekskresi intestinal zat racun yang berbahaya yang mencoba untuk keluar, tapi dengan penggunaan deodoran jalan keluarnya ditutup dan zat racun tersebut dipaksa untuk tetap tinggal dalam sistem, seperti dikutip Naturalnews.
Berikut penyebab dan solusi dalam bau badan:
Ø  Keringat dan bakteri
Stres dapat menyebabkan produksi keringat yang berlebihan. Akibatnya banyak bagian tubuh yang berpotensi mengeluarkan bau tak sedap.
Misalnya, rambut, mulut, gigi, ketiak, punggung, tengkuk, telinga, belakang telinga, lipatan paha, telapak kaki, sela-sela jemari tangan dan kaki, kuku dan lainnya.

SOLUSI: Usahakan minimal mandi dan gosok gigi 2 kali per hari dan keramas 3 kali per mingu. Setiap kali mandi, ganti pakaian Anda termasuk pakaian dalam.
Setiap kali mandi, gunakan sabun antiseptik. Setelah mandi, usapkan body lotion ke seluruh tubuh. Terutama kaki, tangan dan leher agar kulit terasa halus lembut dan senantiasa harum.
Pemakaian body lotion bisa juga diulang pada siang hari untuk mendapatkan kesegaran baru. Kenakan baju yang terbuat dari bahan katun atau kaus.
Hindari pakaiaan berbahan nylon dan serat sintetis lainnya. Pilih model pakaian yang sederhana agar Anda tak merasa risih dan grogi.
Selain itu, pastikan pakaian Anda nyaman dan tak terlalu ketat agar kulit dapat bernapas. Selain membersihkan tubuh dan pakaian, perhatikan juga kebersihan sepatu dan tas Anda. Bau badan bisa juga bersumber dari sepatu, sandal atau tas Anda.




Ø  Penyakit
Gangguan kesehatan tertentu seperti radang lambung, radang saluran pernapasan, diabetes, sariawan, telinga, gigi berlubang, keputihan, eksim juga bisa mengakibatkan BB.
         
SOLUSI: Bila Anda mengalami gangguan kesehatan segeralah hubungi dokter dan berobat hingga sembuh tuntas.

Ø  Makanan dan minuman
Aroma tubuh kita dipengaruhi makanan dan minuman yang kita konsumsi.

SOLUSI: Anda yang mempunyai masalah BB sebaiknya menghindari minuman beralkohol, makanan pedas, berbau menyengat seperti petai, jengkol, bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, terasi, bumbu kari dan durian. Perbanyak asupan air putih, jus buah, sayur-mayur dalam menu Anda.

Ø  Wewangian
Anda yang mempunyai masalah BB, harus ekstra hati-hati memilih parfum. Parfum tertentu dengan aroma berat menyengat bisa membuat BB semakin santer dan membuat pusing orang di sekitar.

SOLUSI: Pilih wewangian beraroma ringan dan segar, misalnya aroma bunga. Percikkan parfum ke beberapa bagian tubuh yang cukup berjauhan dengan daerah sumber BB agar aroma parfum tak tercampur BB.
Kalau mungkin gunakan deodorant yang menggunakan anti respirant. Selain mengharumkan, kandungannya zat di dalamnya mematikan bakteri.
Cara untuk menghilangkan bau:
Cara untuk menghilangkan bau diusahakan tidak menggunakan produk deodoran yang tidak sehat, tapi membersihkan diri dari asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Dengan kata lain jika ketiak memiliki bau yang tidak sedap, mengindikasikan bahwa tubuh membutuhkan makanan yang bisa memperbaiki.
Salah satu makanan yang bisa menimbulkan bau ketiak adalah daging merah yang merupakan penyebab nomor satu bau ketiak, selain itu juga ada makanan junk food atau makanan siap saji.
Sementara makanan yang bisa mengurangi bau ketiak adalah buah-buahan segar, produk kedelai, minyak sehat dan kandungan sehat lainnya. Selain itu makanan yang mengandung aromaterapi juga bagus untuk mengurangi bau ketiak seperti rosemary atau oregano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar